Bisnis properti memang menarik banyak orang. Apalagi banyak buku yang mengupas tentang properti. Baik dari Robert Kiyosaki sampai dengan bukunya Joe Hartanto berjudul Property Cash Machine (fully recommended book, two thumbs up Joe). Orang berbondong-bondong untuk mencari properti entah untuk investasi atau untuk meng-hedge (lindung nilai) atas bisnis yang sudah berjalan. Kenapa? Karena nilai properti pasti naik!
Tidak hanya sebagai end user (konsumen, investor, hedger), tapi orang juga tertarik untuk menjadi pengembang properti. Karena selain mendapat capital gain, juga dapat mengelola cash flow bisnis propertinya secara riil. Bukan sekedar passive income.
Nah, atas dorongan kawan karib dan melihat potensi bisnis properti, saya mencoba mengenalkan konsultan pengembang yang akan membantu peminat bisnis properti khususnya menjadi developer/pengembang.
Tugas konsultan pengembang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Promosi, 3) Sistem Pencatatan Keuangan, 4) Sistem Operasional, 5) Training dan Penyediaan Sumber Daya Manusia. Lima hal tersebut adalah kewajiban si konsultan. Konsultan pengembang akan mewujudkan cita-cita Anda menjadi pengembang properti. Karena mereka akan memberikan pendampingan sampai dengan Anda bisa mandiri.
Reward yang diberikan kepada konsultan pengembang adalah 1) Biaya Manajemen, 2) Biaya Operasional, 3) Bagi Hasil. Pengguna jasa konsultan tidak perlu membayar franchise atau fee manajemen di depan, sehingga si konsultan akan bertanggung jawab atas terlaksananya proyek perumahan.
Punishmentnya gimana? Tentu saja dengan tidak berjalannya proyek adalah sebuah punishment, karena jika si konsultan tidak bekerja ya berarti tidak dapat uang. Fair bukan?
Detail tentang konsultan pengembang ini, silahkan isi komentar, kemudian saya mencoba untuk menjawab. Hayo, siapa yang mau jadi pengembang ???
Tags: Business, Consultant, Developer, Property, Real Estate



July 11, 2009 at 5:16 pm
Assalamu’alaikum…
Wah luar biasa… Terimakasih sebelumnya Mas, sepertinya semakin hari semakin tercerahkan tentang bisnis ini. Mudah2an Alloh memberikan balasan yang setimpal atas ilmu yang telah disampaikan,Aamiin…
Saya mau tanya nih Mas…
maksudnya sang konsultan bertanggungjawab atas terlaksananya proyek perumahan tu seperti apa ya?
Batasan kerja antara kita sebagai developer dan si konsultan dimana ya…?
Maklum… saya baru pemula, yang baru akan memulai bisnis ini. Moga langkah kedepan semakin MANTAP.
Terimakasih…
amin99x
misalkan begini… jika anda beli franchise, anda musti keluar duit bukan?
padahal berjalannya bisnis franchise tersebut belum tentu sukses…
maksud saya, dengan konsultan kami, anda tidak perlu keluar duit untuk investasi membeli franchise…
hanya permodalan di awal saja yang memang seluruhnya untuk modal proyek…
jika proyek jalan dan terjual, maka anda baru membayar manajemen dan operasionl
jika menghasilkan keuntungan, maka berbagilah
prinsip dasarnya BERBAGI dan SILATURAHMI
July 11, 2009 at 5:32 pm
O ya mas… maaf satu lagi.
Boleh ga saya minta referensi kosultan pengembang/developer?
Rencananya saya ingin mengembangkan perumahan yang Islami.
Terimakasih…
jujur… saya pingin banget dengan perumahan islami…
July 11, 2009 at 11:43 pm
COMMENT : Mbok aku dikirimi proposalmu tentang hal itu bro.
maksudku itungan riilnya tentang : 1) Biaya Manajemen, 2) Biaya Operasional, 3) Bagi Hasil.
aku serius ki…
thx bro
siap gan
tunggu yo
ta kabari nek wis ta emailkan
July 11, 2009 at 11:44 pm
nek iso langsung aja tak undang presentasi dg team ku di Kudus
ketemu wae luwih kepenak
July 12, 2009 at 12:09 am
anda memang konsultan.. ini menarik.. tetapi jangan lupa.. anda pasti punya karakter khusus sehingga ada investor suka, terutama end usernya.. kan begitu. Tapi properti sangat unik.. tingkat keberhasilan konsultan sama dengan developer lainnya. Faktor nama sangat kuat terutama visi dan misi pengembang tersebut.. sehingga pembeli luas juga.. nah dari ulasan anda saya belum membacanya.. ya.. properti emang unik.. http://dofirstinvestment.blogspot.com/
berat nih, tapi asyik…
sepakat bahwa properti itu unik..
sepakat bahwa nama, visi, misi (baca BRAND) pengembang itu harus kuat…
jika Anda bertanya visi misi saya, saya hanya bisa menjawab dengan sederhana…
visi misi hanya sekedar BERBAGI dan BERSILATURAHMI…
kenapa di bisnis properti? karena saya yakin benar akan bisnis ini dan bisnis ini MUDAH…
ukuran kesuksesan buat saya bukan sekedar PEMBELI yang LUAS.
SOLD OUT itu hanya sebagian kecil dari sukses…
demikian dulu…
menyangkut visi misi dan brand akan menjadi diskusi yang amat panjang
karena akan banyak bicara tentang nilai2 dan filosofi yang tidak sesederhana disampaikan
July 12, 2009 at 3:14 am
excited mas..
1 hari sblm m’Aryo posting ini,sy jg dpt job ‘konsultan’ spti ini..bdasar dr daily sy sbg pngembang,tdk bgitu sulit..tp tetep bth byk sharing dg m’Aryo..
Kta bangun negeri ini bareng bareng ya mas..asslkm..
sinergi aja bareng2…
July 12, 2009 at 3:40 am
Halo mas Aryo, salam kenal,
Udah jalan konsultannya ato baru lempar survey? Btw, itu ide cemerlang, lanjutkan…
Misal ini mas, kalo kami ingin cari ato kembangin property sewaan, seperti apa peranan konsultan, trus itungannya piye.
Terima kasih atas ilmunya
udah jalan kok…
kalau yang sewaan, mau aja…
mungkin sekedar perencanaan dan konstruksinya
July 12, 2009 at 4:56 am
excited mas..
persis shari sblm m’Aryo post kan ini, sy dapet job jadi ‘konsultan’..agak bingung sbenernya, krn slama ini ‘daily’ sy jd pengembang ya sdikit banyak teratasi..aplg kl ada dscuss dg m’Aryo smacam ini..tq..mhn saran kl ad mslh nti mas..kl standar fee u konsultan macam ini ada gak ya mas?
sinergi aja yuk
July 12, 2009 at 10:57 am
Mas Aryo,
Mohon diperjelas. Maksudnya konsultan Pengembang itu apakah termasuk teknik, perencanaan, pemasaran dan keuangan? Ini kan bidang yang sangat luas?
semua bidang itu kan ada dalam bisnis pengembang
ya memang penanganannya luas
July 12, 2009 at 4:28 pm
Mas Aryo, kebetulan saya mo dapet proyek pembangaun 2 rumah, ini hasil penunjukan langsung dari pengembang.
Saya gak tau seluk beluk kontraktor perumahan, karena saya modal nekat dan kemauan.
Saya minta saran dong dari mas aryo.
Thanks
pertanyaannya gampang
tapi kok saya kesulitan memulai menjawabnya ya..
ehmmm
ada teman kontraktor atau jebolan kontraktor tidak?
jadikan dia pendamping anda bekerja
cari mandor yang bagus…
cari toko besi yang bisa dihutang.. (hehehe)
yang penting harga borongan jangan sampe tekor bos
July 13, 2009 at 2:11 am
seperti biasa saya cm bisa bilang huebat dech untuk mas aryo nech…..
kebetulan sy sedang menjadi “konsultan pengembang”, tetapi awalnya niatan saya hanya ingin membantu investor saja, tapi jadi keenakan mas….
thx mas motivasi2nya & bantuan2nya…. masih haus belajar banyak nech ke orang2 seperti mas aryo.. hehe///
ayo lah berbagi…
July 13, 2009 at 3:46 am
asyik juga tuh pak aryo, jadi kita ga terlalu repot2 untuk pemasaran, konstruksi dan tetek bengeknya….
tapi bagi hasilnya berapa persen-berapa persen?
karena aku uda ada pandangan tanah 1 ha di by pass krian, jadi tinggal pematangan & konstruksinya.. n rencana nya dijual system pre-selling…
thx
by pass krian itu mana ya ?
boleh gak saya masuk ??
bagi hasil bisa di atur
nanti saya kirimi proposalnya
July 14, 2009 at 7:37 am
Assalmualaikum Mas Aryo…mudah mudahan banyak pahalanya karena telah berbagi ilmu…
Begini mas saya orang Cirebon nih mas.. saya itu seorang PNS tetapi belum punya rumah…karena cari cari rumah gak cocok-cocok terutama kebanyakan DP nya diluar kemampuan. menurut mas solusinya gimana yah
DP sebenarnya bisa diakali
tinggal naikan harganya
dan kenaikan harga itu dijadikan uang muka
jadi seolah2 Anda sudah bayar uang muka…
July 15, 2009 at 3:13 am
Pak aryo, saya tertarik juga untuk di tentir sama konsultan pengembang yang berpengalaman, saya ada lahan 600 Ha untuk dikembangkan property peternakan. minta proposalnya, ya. saya tunggu lho.
konsep property peternakan ???
gak salah tulis kan??
saya malah jadi bingung nih…
hehehe
July 16, 2009 at 6:02 am
kalo kerjasama dengan mas aryo, status tanahnya gmana, apa sudah harus sertifikat induk atas nama sendiri ato gmana. Tq..
hmmm
sebenarnya bebas aja.
kalau memang pemilik tanah dan pemodal berbeda, semuanya akan kita libatkan
July 17, 2009 at 10:10 am
terimkasih atas sarannya mas aryo no HPnya berapa yah…terkait pertanyaan saya sebelumnya yang tentang DP yang gak sanggup dan solusi dari mas aryo dengan menaikkan harganya gimanan caranya yah apalagi kalo perumahan tersebut sudah ada harga patokannya…
085224934999
sms dulu ya… kalo tidak saya kenal, biasanya tidak saya angkat..
July 17, 2009 at 4:29 pm
Tanya Mas Aryo…..
Misalkan saya sekarang menjadi konsultan pengembang dari sebuah perumahan, ditengah berjalannya perumahan tersebut, saya diserahkan untuk menjalankan perumahan yang lain (milik pengembang yang sama), dengan maksud untuk mensubsidi silang dengan perumahan pertama, bagaimana Mas kira2….
selama berani, dan punya tekad, semangad sekaligus nekad… kenapa tidak…
July 21, 2009 at 3:30 am
Assalamu’alaikum…
mau nanya nih….kalo punya lahan tapi tidak punya modal, apakah konsultan akan mencarikan investor?
kenapa tidak ?
July 22, 2009 at 10:26 am
salam kenal bang aryo…
setelah membaca artikel2 bang aryo saya sangat tertarik sekali untuk terjun ke dunia property,tp saya juga bingung harus darimana memulainya…saya juga pernah ikut seminar nya pak purdi,tp tidak ada follow up jadi anggota EU,karena domisili saya di pekalongan, dsini gak ada EU,shg saya kesulitan untuk mencari teman seperjuangan yang bisa diajak untuk sekedar sharing, karena saya jg bkn asli dari pekalongan.saya dan istri sama2 pendatang yang nekad mengadu nasib di kota batik ini…
persiapan apa saja sih sebenarnya yang kita perlukan untuk masuk ke dunia property?
terima kasih sebelumnya…
pertanyaan sederhana yang membutuhkan jawaban panjang
yang diperlukan adalah KEBERANIAN…
kalau butuh konsultan, bisa panggil saya…. hehehe
July 24, 2009 at 1:22 am
Pas ini yg saya cari. Saya sebelumnya jual 10 kavling, terjual semua. Tapi setelah dipikir-pikir kenapa ga bikin perumahan sekalian. Saya punya beberapa bidang tanah di Sukoharjo (Jateng) dan saya sudah hampir mulai buat rumah dan baru tahap mengurug tanah. Gimana langkah selanjutnya, minta proposalnya, saya berminat untuk join. Makasih…
boleh2…
July 25, 2009 at 2:58 am
Terima kasih, pertanyaan saya udah dijawab mas.
Temen saya punya tanah, setelah diitung-itung tanahnya cukup untuk 6 kavling rumah tipe 21.
Kita mau kerjasama, dia yg punya tanahnya, saya yg biayain rumahnya, trus rumahnya dijual dech.
Pertanyaannya:
1. Bagaimana persentase bagi hasilnya?
2. Pengurusan ijinnya apa aja?
Oo iya satu lagi.
Saya ada tanah kurang lebih 3.600M2, lokasinya pas di belakang perumahan. Lokasi di Sukabumi.
Ada saran?
1. tergantung kesepakatan. pemilik tanah memperoleh lebih kecil dari pengelola dan pemodal, karena pemilik tanah tidak memiliki resiko apapun.
2. perijinannya mah panjang pisan ya…
tanah di sukabumi ya digarap aja mas
selama itu bisa dikerjakan untuk perumahan
July 25, 2009 at 3:07 am
Ada yg ketinggalan
Harga tanahnya 60jt semuanya
60 juta yang mana? 3600m2 ??
July 27, 2009 at 2:45 am
Matur nuwun dah dijawab.
Mas Aryo, untuk tanah yg 3600M2, saya juga ingin menggarap jadi perumahan, tapi kendalanya tidak ada akses jalan mobil, hanya jalan setapak, bisa saja saya buat jalan dengan membeli tanah masyarakat disitu.
Adakah cara untuk mendapatkan akses jalan dari developer perumahan sebelah tanah saya itu?
Thanks
Kang Rachmat
bisa aja
tidak ada yang tidak bisa kecuali menghidupkan orang mati
musti banyak negosiasi boss
July 27, 2009 at 12:52 pm
salam…..
mas, klo mau buka lahan, pertama yg harus diperhatikan apa aja?selain status lahan, RTRW, dan perizinan….??
thanks…..sukses terus mas…..
tentunya kelayakan proyek… dari sisi investigasi pemasaran, harga, keuntungan bersih dll
August 5, 2009 at 1:07 am
selamat pagi mas….
begini mas saya mau buat perumahan, adapun:
1. saya sebagai pemilik tanah dan sudah ada target market perumahan (calon pembeli)
2. modal dan pemborong saudara saya.
yg menjadi pertanyaan :
1. untuk bagi hasilnya gimana ?
2. jalan terbaik biar sama-sama untung gimana?
terimakasih ya mas….sukses!!
bagi hasil silahkan dibicarakan sendiri… acuan saya pemilik tanah tidak lebih dari 15%. pemodal uang 50%. sisanya untuk pengelola.
August 8, 2009 at 3:18 am
hehehehe….mas aryo lam kenal dulu ya…
Saya sangat tertarik di bisnis ini. Saya tinggal di Salatiga. Banyak sekali developer2 baru maupun pemula yang bermain disini.
2 Minggu kemarin kita jg sudah ikutan seminarnya PP dilanjutkan dengan workshop 2 hari. Hasilnya dahsyat…langsung praktek.
So, mantabs!!!
Eh, njenengan sama pak bambang hubungannya apa ya?
hehehe…. saudara pak… saudara jauuuuhhhh…………
salam buat pak syuhada
August 24, 2009 at 7:25 am
Pak Aryo, saya ingin membeli rumah second melalui KPR. Yang ingin saya tanyakan adalah: apakah kita harus deal harga dulu dengan penjual baru kemudian appraise di bank. Atau appraise ke bank dulu propertinya baru deal harga agar kita bisa memperkirakan harga rumah tersebut sebuat deal dengan penjual? Mohon pencerahannya.
biasanya deal dulu dengan penjual. baru kita ajukan KPR. kemudian surveyor bank akan survey.
September 3, 2009 at 5:18 am
Nah ini yang lagi saya cari , Mas Aryo salam kenal , ini aku dan istri lagi cari cari konsultan pengembang yang islami dan amanah , terus terang kami bukan org yg punya latar belakang orang yg kuat untuk finansialnya tapi kami bertekad untuk mengembangkan usaha pada divisi property , di depan saya udah baca sedikit ulasan mas aryo tentang tugas pengembang , tapi kalau ada seminar seminar yang ada hub dengan pengembang gitu tolong kita kita ini di info mas ,
salam kenal dari kami sekeluarga
lukmanto
salam kenal juga
pengembang islami ya…
wah mau dong….
seminar seminar sih ada…
posisi dimana ?
September 4, 2009 at 8:07 am
Mas Aryo..Mudah-mudahan pahala anda mengalir seiring bermanfaatnya ilmu anda buat orang lain. Amin. Mas Berkunjung dong ke Malang, anda lihat di Malang itu potensinya kaya’ apa.. pasti ruarr biasa.. kotaku sejuk lho..teriakan ke para investor untuk maen properti di Malang, kita sama-sama kelola. ok (kalo jadi berkunjung hub aku 081555741865)
amin 99x
sms saya mas di 085 224 934 999
September 5, 2009 at 7:05 am
Salam mas Aryo.
Saya sangat tertarik banget dengan masalah properti apalagi mewujudkan mimpi menjadi developer atau pengusaha properti. Gimana caranya belajar dengan anda sebagai seorang
konsultan. Agar cita cita terwujud nih. mohon dibalas ya….tak tunggu lho
Salam sukses selalu
hubungi saya mas di 085 224 934 999
sms dulu ya….
September 5, 2009 at 7:11 am
Salam mas Aryo
Saya pingin banget tuh jadi pengembang. Bisa dong dapat konsultasinya mas. Saya tunggu mas and terima kasih
Salam Sukses
September 5, 2009 at 12:54 pm
masa saya kan dah mulai niy nyari2 lahan, dapat incaran 4 tempat, yang 2 di bdg yang 2 lg di cirebon. masalahnya setelah saya praktekkan teori dari mas aryo ternyata untuk analisa kelayakan proyek dan marketing susahnya setengah mati ya mas..saya kok masih ragu2 mulu, ini bakal laku atau gak tempatnya bagus gak, gmn cara meyakinkan hati bahwa itu bagus lha wong ilmunya blm cukup
di bandung dan di cirebon dimana?
kok setengah mati to mas….
semakin banyak ditolak, semakin keras usahanya bukan? hehehe
lanjutkan mas….
September 6, 2009 at 2:43 pm
To mas aryo, thanks before….
Sekedar Info buat rekan2 yang nangkring di blognya mas aryo, InsyaAlloh rencana 2 bulan kedepan, kami mengadakan Seminar: DAHSYATNYA BISNIS PROPERTY, di 9 kota di Jawa Tengah. Bila rekan rekan berkenan, info lengkap hub : 081575448330
atau by email = yudee_art@yahoo.co.id
tim propertyplus syari’ah
Begitu mas aryo dilanjuuut…
nanti saya yang jadi mentornya…. hahaha….
September 6, 2009 at 5:39 pm
mbayare piro ki…?
waton larang wae
September 8, 2009 at 12:34 am
Hi Mas aryo yg makin bnyk fans nya , kita posisi di Solo , Jateng , dimana ya ada seminar ttg “CARA HUEBAT JADI PENGEMBANG”
kita tunggu lho….
yang hebat yang ngisi seminar mas….
mending langsung praktek
September 10, 2009 at 4:38 am
panjang banget antreannya…..
September 15, 2009 at 6:27 pm
salam kenal Mas Aryo.
Minta dijelasin dong passion/ hasrat, visi, misi jadi pengembang, krn itu yg paling penting dari hanya sekedar keuntungan materi yg selalu digembar-gemborkan. soalnya kliatannya bnyk gagalnya dari pada suksesnya…he.he. jadi aku bth bnyk alasan kuat buat jd pengembang
thx a lot
yup…
tidak semua alasan itu sama….
tidak semuanya juga sukses…
tidak semuanya adalah materi…
thanks mas yoga… tolong selalu ingatkan saya….
btw… yang lain sudah ada di email ya…
September 20, 2009 at 6:18 pm
thanks mas atas ilmunya.. Sangat menarik, sy punya lahan 54.389 meter di kab. Bireuen, Aceh. Sangat strategis untk perumahan.. Rencana sy mau jual lahan tsb. Stelah dipikir2 kalo dijadikan perumahan sngt bagus. Tp sy ga punya modal uang, terus terang. Langkah slanjutnya mas?
cari investornya pak.
kerjasama bagi hasil
sehingga anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga tanah…
September 28, 2009 at 6:58 am
saya sesalkan sebagian pengembang yang menjual produk perumahan tanpa memakai jasa arsitek dan tenaga ahli bangunan, tanpa memikirkan hal-hal teknis mereka hanya menjual tampak muka rumah dalam brosur,bahkan disainnya cuma mencontek disain developer lain. Ketika proyek sudah dimulai baru ada masalah seperti kualitas dan kelayakan bangunan, sirkulasi udara yang kurang baik, tidak sesuai peraturan bangunan setempat,dll. Calon Pembeli dan Investor harus mewaspadai pengembang yang asal-asalan seperti ini, karena membuat perumahan bukan seperti membangun rumah tradisional banyak hal yang harus direncanakan.
saya pakai lho mas…. hehehe
September 30, 2009 at 1:11 am
Salam kenal mas Aryo,Wah saya terkesan dgn artikel2 anda,Saya pemula yg belom ngerti sama sekali dunia bisnis properti,Untuk itu saya mau belajar dgn njenengna,saya mempunyai tanah 2000 m di kota kediri jarak dgn balaikota kurang dari 1 km,rencana saya kapling2 dan di bangun rumah, skrg saya kesulitan mslh modal, Boleh donk saya di kirimi proposal ? siapa tau kita bisa kerjasama, Trimakasih
nomor hape berapa pak ?
September 30, 2009 at 9:16 am
Asslamu’alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillah telah menemukan komunitas yang bagus, Aku ingin berbagi info nich untuk saudara-saudaraku (se-iman) bahwa ada website yang luar biasa (selain website miliknya bung arya yang juga luar biasa) yang akan mengajarkan kita agar kaya lewat properti dengan landasan spiritual islam coba klik :
http://spiritualpreneurship.com/?id=aryadi (ingat lho setiap akses harus selalu lengkap alamatnya seperti diatas) web ini bukan tipu-tipu lho, saya telah membuktikan. Syukron Lho bung Arya Semoga anda dan kita semua sukses. Amin
salam buat ustad nasrullah
October 2, 2009 at 5:25 pm
Salam kenal mas Aryo… Saya Ferdi 0812 800 8799. Mau jadi mentor + konsultan saya tidak untuk bisnis properti ?? Trimakasih
sudah saya SMS ya
October 15, 2009 at 12:32 am
Menindak lanjuti postingan saya pada tgl September 30, 2009 at 1:11 am
maaf baru balas Pak Aryo, ini no hp saya : 081553799xxx,trimakasih tanggapannya
thanks pak…. nanti saya sms…
October 17, 2009 at 11:34 am
Ass.wr,wb
Mas Aryo saya tertarik dengan tulisannya. Saya udah lama pengen coba terjun ke bisnis ini biarpun gak punya modal. Saya punya beberapa kapling tanah hasil nyicil. Salah satu kapling yg saya punya luasnya 240 m persegi, persis di depan perumahan. Rencana saya pengen bangun 3 rumah di situ terus dijual. Modal gak punya. Gimana caranya ya?
Wass.
lokasi dimana?
sapa tau saya bisa ikutan cari rejeki…
October 21, 2009 at 7:09 am
Ass Mas Aryo….Luar Biasa..jarang ada orang yang mau berbagi seperti anda…
Saya sdh ikut seminar dan workshop nya PP di Banjarmasin sangat ingin menambah ilmu dan terjun…langsung bisnis..
Saya seorang karyawan salah satu BUMN…saya melihat ada potensi sangat besar bagi rekan-rekan karyawan untuk ikut investasi di bisnis property baik di Tanah ( karena kendala untuk pemula adalah mencari tanah yang mau dikerjasamakan) maupun modal kerja …gmn kalo saya Undang mas aryo / p Bambang ya seminar di lingkungan perusahaan kami …kami yang Organize …gmn pak??
siyap!!!
October 21, 2009 at 1:04 pm
ass wr wb
mas Aryo, tolong email dong info siapa konsultan pengembangnya. butuh diskusi nih..
thanks yaa
waa wr wb
saya sendiri….. hehehe
October 25, 2009 at 9:12 am
Mas Aryo, ulasannya sangat menarik & saya ada bbrp lahan siap bangun, rencana utk perumhn Islami, boleh dong diemail proposalnya utk konsultan property. Kr kita juga baru nih, msh pemula.
lokasi dimana? kalau terjangkau dengan jarak dimana saya berada, saya siap bantu
October 30, 2009 at 6:01 am
Mas Aryo yg hebat…
Saya minta contoh proposal kerjasamanya dong yang menjelaskan lebih detail lagi terkait dengan 5 tugas & 3 reward untuk konsultan pengembang..juga contoh Surat Perjanjian Kerjasama dengan pemilik tanah..ada tanah 2,9 ha di Bandarlampung nich…thanks banget lho.
mas adhi…
next time saya kirim….
sekarang lagi stop buka proyek baru…
October 30, 2009 at 6:23 am
cukup menarik apa yang saudara kemukakan.
tulisan tulisan anda layak dipublikasikandalam sebuah buku
MENJADI PENGUSAHA PROPERTI
saya tunggu semua ide idenya.
kalau berkenan tolong email konsep anda.
mutqin
memang direncanakan seperti itu mas mutqin